Call Centre: 021-77888609
Office: Jl. RM. Sudiyanto No.111 Mampang - Depok
blog img

Pengertian Waterpark & Waterboom

Water Park (atau Waterpark), merupakan salah satu bentuk wahana rekreasi berbasis air dengan menggunakan pola aplikasi Engineered Water Pleasure. Secara leksikal waterpark dapat diartikan sebagai “taman rekreasi air atau taman hiburan yang memiliki tempat bermain air, seperti perosotan air, splash pad, sprayground, pemalas / sungai. (Lazy River), atau rekreasi mandi, berenang, dan lingkungan bertelanjang kaki lainnya. Saat ini bahkan dilengkapi dengan beberapa jenis lingkungan selancar atau bodyboarding buatan seperti Wave Pool atau Flowrider (wikipedia.org).

Sedangkan menurut MacMillan Dictionary: “taman dengan perosotan air, kolam renang dan wahana dengan air mengalir”. Dengan terjemahan gratis yaitu taman dengan seluncuran air, kolam renang dan wahana dengan air mengalir).

kontraktor waterpark dan waterboom

Sejak pertama kali dibangun dan diperkenalkan oleh “Mr Waterpark”: George Millay – Pendiri Sea World (1970) dan Wet ‘n Wild Waterpark (1977) di Orlando, AS – Water Park saat ini telah menjadi salah satu wahana rekreasi favorit dunia , tak terkecuali di Indonesia. Dalam sepuluh tahun terakhir, trend water park di Indonesia (biasa disebut “waterboom”) mengalami booming di berbagai daerah. Setiap tahun setidaknya dibangun 30 waterpark (dalam berbagai klasifikasi). Sehingga saat ini hampir setiap kota kabupaten di Indonesia memiliki waterpark yang representatif. Ini tidak termasuk waterpark dalam skala yang lebih kecil dan mengabaikan kepadatan waterpark yang tinggi di wilayah Jabodetabek. Sehingga saat ini waterpark sudah menjadi obyek rekreasi yang memiliki tingkat persaingan usaha yang tinggi dan ketat. Jumlah waterpark dengan konsep konvensional cukup banyak, meski di pasaran masih tersedia.

Konsep standar (standar) waterpark, sebagai wahana rekreasi keluarga, harus menyediakan beberapa pilihan wahana untuk segala usia. Misalnya Tot’s Pool untuk balita, Kid’s Pool untuk anak, Family Pool untuk keluarga dan beberapa perosotan ekstrim untuk remaja dan dewasa. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah standar keselamatan (safety) yang berlaku seperti itu persyaratan dari Asosiasi Internasional Taman Hiburan dan Atraksi (IAAPA).

Lalu apa perbedaan kosakata: Water Park, Waterpark dan Waterboom (atau Water Boom). Berikut penjelasan sederhana yang diperoleh dari analisis gramatikal, yaitu:

Waterpark & Waterboom

Water park: taman air; seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, memiliki arti universal dan dapat diterjemahkan dengan alat penerjemah (karena terpisah: 2 kata).

Waterpark: sama dengan kata Water Park, tetapi lebih berfungsi sebagai pelengkap nama unit atau badan usaha (perusahaan) yang terkait atau memang mengoperasikan arena wisata air (water park); contoh: Sunshine Bay Waterpark tidak ditulis sebagai Sunshine Bay Water Park (mungkin merupakan upaya efisiensi ruang), dan ada kemungkinan beberapa instrumen terjemahan belum dapat menerjemahkan / menerjemahkan kosa kata gabungan (word: water & word: park ). Namun kesimpulannya, baik Water Park maupun Waterpark tetap memiliki arti yang sama, hanya untuk keperluan penggunaannya saja.

Water Boom: penjelasannya bisa dipadukan dengan Waterboom yang (umumnya) digunakan masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia sebelum era trend pengadaan pariwisata untuk jenis “water playground” ini. Kata Boom disini menyebutkan salah satu alat musik yang digunakan dalam bermain air di wahana waterpark, yang tidak lain adalah Buoy (Boom). Karena di dalam kendaraan yang menyediakan waterpark, ban pelampung merupakan instrumen yang ‘wajib dimiliki’. Sehingga penggunaan kata water boom kurang tepat jika ditujukan untuk kendaraan permainan air – pada kenyataannya tidak hanya ban pelampung saja yang digunakan untuk menikmati atraksi / permainan air yang ada, akan tetapi berbagai macam jenisnya seperti: sliding pad , tanpa instrumen (tubuh). atraksi), dan sebagainya.

Oleh karena itu seiring dengan perkembangan pemahaman, sosialisasi penggunaan kata yang tepat telah diadakan oleh masyarakat internasional, penggunaan kata “waterboom” mulai ditinggalkan. Sementara itu, ada juga salah satu penyedia water park terbesar di Indonesia yang ‘hampir’ menggunakan kata waterboom (mungkin pada awalnya penentuan nama mereknya), namun tampaknya penyelenggara paten negara tidak memperbolehkannya, karena kata waterboom (atau water boom) adalah kata umum.

Hubungi admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jasa kontraktor kolam renang waterpark & waterboom.

2 Comments

    • erotik Reply

      March 2, 2021 at 1:49 am

      Very good article! We will be linking to this great content on our website. Keep up the good writing. Margit Ellerey Ern Aleen Arthur Matteo

      • bralingpool Reply

        March 3, 2021 at 10:06 am

        thank you, hope to get a good link

Leave a Reply