Call Centre: 021-77888609
Office: Jl. RM. Sudiyanto No.111 Mampang - Depok
blog img

Setelah memiliki kolam renang, tahapan selanjutnya adalah bagaimana cara merawat kolam renang pribadi / umum anda. Terlebih jika kolam tersebut sering digunakan atau bahkan di sewakan seperti kolam vila, water park atau waterboom. Tahapan perawatan kolam dibutuhkan agar kebersihan dan kesehatan kolam tetap terjaga.

Merawat kolam renang memang bukan perkara mudah, perlu usaha yang tekun dan rutin agar mencapai target yang di inginkan. Pada tulisan ini kami akan membahan cara merawat kolam secara organik, yang artinya cara ini dapat dilakukan sendiri ataupun orang lain. Yuk simak ulasan lengkapnya!

Tips Merawat Kolam Renang

Mungkin sudah banyak cara yang anda ketahui dalam masalah merawat kolam namun masih belum puas dengan hasilnya, itu kemungkinan ada yang salah atau kurang pas dalam pengerjaannya seperti penanaman obat kolam kaporit, soda ash, pac, tawas dll. Perhatikan cara ini semoga bisa lebih efektif jika anda melakukan nya dengan teliti, tekun dan yang terpenting adalah rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

BacaJuga: Cara Membersihkan Kolam Sendiri

tips merawat kolam renang
Foto : Perawatan Kolam Renang Depok

1. Kenali air kolam renang

Merawat kolam dengan cara atau keinginan anda saja tidak cukup. Karena air kolam itu sangat sensitif sekali dalam hal kadar yang berubah-ubah, jadi langkah pertama adalah anda harus kenali air kolam renang tersebut. Air pada setiap kolam renang akan berbeda-beda kadar airnya, jika tidak percaya anda bisa cek langkah ini.

Dengan melakukan pengenalan pada air tersebut kita dapat mengetahui kekurangan apa saja pada kondisi tersebut dan dapat mengukur langkah apa selanjutnya, anda bisa menggunakan alat tester air yang dinamakan “test kit”. Alat ini berfungsi untuk mengecek kadar air.

2. Bersihkan area kolam

Saat anda ingin membersihkan arena kolam mengangkat kotoran dari kolam gunakan leaf skimmer atau leaf rake (serokan daun). Angkat semua kotoran dari area kolam renang mu dan jangan lupa bersihkan juga sisi kolam dengan sapu. Sebagai tambahan jika dirasa perlu potong sebagian dahan pohon yang berada diatas kolam, untuk menghindari daun kering jatuh kembali ke kolam.

Untuk mengangkat dedaunan tidak perlu turun ke kolam, anda hanya perlu menyambung teleskopik (stik kolam) ke leaf skimmer. ini dapat memudahkan anda membersihkan hingga ke ujung sudut yang tidak terjangkau.

3. Sikat dinding dan lantai kolam

Jika sudah melewati langkah diatas, selanjutnya adalah menyikat dinding dan lanti kolam menggunakan sikat kolam renang yang berbentuk seperti sikat lantai rumah. Sikat keramik mulai dari sisi kanan hingga kiri, begitu juga sebaliknya. Untuk mengangkat kotoran lumut yang membandel dan tidak terjangkau dengan sikat anda dapat menggunakan sikat kawat yang juga berbentuk sama.

Angkat semua kotoran yang telah disikat, dan lagi-lagi angkat menggunakan leaf skimmer. jika sudah sampai tahap ini hanya perlu beberapa langkah lagi untuk perawatan kolam renang nya.

Dapatkan penawaran terbaik untuk Jasa Pembuatan Kolam Renang, Ada PROMO harga termurah dari kami. Segera hubungi admin kami untuk mendapatkan informasinya. Support untuk seluruh wilayah Indonesia Raya!

DESKRIPSI GAMBAR

 

4. Masukkan obat kolam renang

Tahap selanjutnya adalah Pemberian chemical di lakukan 2 kali dalam 1 minggu, perhatikan juga takaran chemical sesuaikan dengan kubikasi maupun kondisi air kolam renang anda. Air kolam renang cenderung flexibel tergantung cuaca alam, air kolam akan kurang bagus bila kekurangan chlorine dan sebaliknya. Pemakaian chemical pada air kolam renang normal biasanya memakai chlorine dengan kadar 60% dan 90% dan algesit (trusi koral). chlorine memiliki fungsi membunuh bakteri dalam air, algesit / trusi koral berfungsi untuk mencegah timbulnya bibit-bibit lumut dalam air.

Untuk pompa lakukan pengecekan strainner pompa secara berkala tergantung dari tingkat kotoran daun dalam kolam renang. Jika anda belum mengenal strainner, strainner adalah keranjang pompa kolam renang yang bisa di buka tutup untuk pembersihan daun maupun kerikil batu yang ikut tersedot pompa.

5. Vacuum keramik kolam renang

Sampai sini tahapan untuk pembersihan kolam renang sudah hampir selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan pembersihan dinding dan lantai kolam renang dengan menggunakan alat vacuum head, teleskopic dan selang kolam renang (vacuum hose). alat ini haruslah anda miliki sebagai peranti saat memebersihkan.

Alat ini sangat mudah digunakan, anda hanya perlu menyambungkan ketiga alat tersebut satu sama lain. Kemudian ujung di selang kolam (hose cuff) di masukan / di colokkan ke inlet fitting tempat air tersedot. Nah, nantinya kotoran yang tersedot akan terbawa ke filter dan lalu dibersihkan di area filter. lakukan gerakan dorong stik kolam secara perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya, teknik ini membutuhkan kesabaran karena jika terlalu keras kita menekan stik kolam maka kotoran akan kembali bangun keatas, jadi perlu dilakukan secara perlahan.

6. Pembersihan filter kolam

Pastikan juga anda membersihkan ruangan mesin agar selalu terawat alat pompa dan filter kolam renang, jika sesuatu kesalahan terjadi maka akan fatal akibatnya dan harus mengeluarkan biaya lebih lagi. maka anda harus lebih intens memperhatikan kondisi alat kolam ini.

BacaJuga: Ayo Ketahui Apa Saja Fungsi Filter Kolam Renang

Mengapa banyak mesin kolam sering rusak ? itu diakibatkan kesalahan pengoperasian, karena semua alat kolam memiliki beban yang berat dalam bekerja sehingga sedikit saja salah maka bisa berakibat rusak part atau bahkan bisa mengalami kebocoran kolam renang.

Untuk itu tidak ada salahnya anda pelajari lebih dalam lagi alih-alih meminimalisir biaya yang dikeluarkan lagi. Point penting nya adalah ke 6 cara diatas itu adalah hal yang biasa kami lakukan untuk pembersihan kolam klien kami, jadi cara ini tepat jika anda gunakan dengan catatan lakukan dengan tahapan yang benar.

Leave a Reply